Harga Ban Scoopy: Cek Biaya Ganti Ban Dulu!

Daftar Isi [Tampil]
    Belajar dari pengalaman, naik motor Scoopy dengan ban yang sudah aus ternyata banyak bahayanya. Apalagi jika berkendara di jalanan yang rusak atau saat musim hujan seperti saat ini. Fakta, kalau ban yang aus mengurangi performa kendaraan dan meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan.

    Oleh karena itu, mengganti ban seharusnya jadi hal yang rutin dilakukan dan menjadi prioritas. Apalagi bagiku pekerja yang setiap hari harus bekendara dengan motor. Jangan sampai deh, karena lupa ganti ban, jadi bahaya atau malah tekor karena banyak mengeluarkan uang.

    Sebagai agenda rutin perawatan motor, mengganti ban sudah masuk prioritas pengaturan keuanganku. Setiap bulan harus ada yang disisihkan untuk perawatan motor satu ini. Nah sebelum mengganti ban, yuk ikuti aku cek perkiraan biaya yang perlu dikeluarkan.


    Harga Ban Scoopy

    Sebagai komponen terbesar penggantian ban, harga ban Scoopy ditaruh paling atas. Ada banyak pilihan merek dan tipe ban yang bisa dipilih. Tentu dengan harga berbeda-beda, tergantung kualitas, bahan dan performanya. 

    harga ban scoopy

    Berikut daftar harga ban Scoopy yang ada di pasaran:

    - Ban Standar Pabrikan

    Sebagai pabrikan motor, Honda juga menyediakan ban standar Scoopy dengan kisaran harga Rp150.000 hingga Rp250.000 per ban. Sebagai ban standar, ban ini lebih cocok digunakan untuk penggunaan harian di jalanan perkotaan.

    - Ban Premium

    Michelin, Pirelli, atau IRC adalah beberapa merek ban premium yang menawarkan kualitas dan performa baiknya untuk motor Scoopy. Cocok digunakan di berbagai medan, harga ban Scoopy premium ini dibanderol Rp300.000 hingga Rp500.000 untuk tiap ban, tergantung tipe dan ukurannya.

    - Ban Tubeless

    Jenis ban satu ini cukup populer, tidak hanya bagi kalangan pengguna Scoopy saja, karena lebih tahan bocor dan mudah diperbaiki. Harga yang ditawarkan juga cenderung ramah di kantong, sekitar Rp200.000 hingga Rp350.000, tergantung merek dan ukuran.

    - Ban Non-Tubeless

    Jenis ban satu ini kurang populer, tetapi masih jadi pilihan karena harganya yang lebih murah, yakni sekitar Rp 150.000 hingga Rp 200.000 per ban.


    Biaya Jasa Pemasangan Ban

    Setelah mengetahui harga ban Scoopy, hal selanjutnya yang perlu dipertimbangkan juga adalah biaya jasa pemasangan. Ini tergantung pada bengkel yang dipilih. Beberapa bengkel bahkan sudah menyediakan ban dan sekaligus jasa pemasangannya juga. Berikut perkiraan biaya jasa pemasangan ban Scoopy:

    - Bengkel Biasa
    Bengkel biasa atau bengkel kecil, banyak ditemui di berbagai tempat. Di pinggir jalan ataupun di desa, bengkel seperti ini jelas ada. Biaya jasa pemasangan ban di bengkel ini relatif murah, sekitar Rp20.000 hingga Rp50.000 saja per ban.

    - Bengkel Resmi
    Di bengkel resmi atau bengkel profesional, biaya untuk mengganti ban sedikit lebih mahal dibanding bengkel biasa. Biasanya sekitar Rp50.000 hingga Rp100.000 tiap bannya. Meski demikian, kita bisa tetap untung karena di bengkel resmi punya jaminan layanan kualitas dan ada garansinya juga.

    - Jasa Tambahan (Balancing dan Alignment)
    Beberapa bengkel juga memberikan layanan tambahan seperti balancing ban atau pengecekan alignment (keselarasan) roda. Ini tidak wajib sih, tergantung kebutuhan. Tapi kadang perlu juga dilakukan pengecekan. Biayanya pun bervariasi, Rp 20.000 hingga Rp 50.000.


    Biaya Lain

    Selain biaya pemasangan dan harga ban Scoopy terbaik, ada kalanya muncul juga biaya lain yang mungkin perlu dipertimbangkan atau bisa dikeluarkan saat mengganti ban Scoopy, misalnya:

    - Mengganti Pentil Ban
    Benda satu ini kelihatan sepele. Tapi sebenarnya sangat penting pada ban. Ada kemungkinan pentil ban juga perlu diganti. Harganya umumnya sekitar Rp5.000 hingga Rp15.000

    - Balancing Roda
    Hal satu ini memang tidak selalu wajib dilakukan. Tapi kalau merasa ban tidak stabil, ya tetap perlu dicek lagi. Biaya balancing roda berkisar Rp20.000 hingga Rp50.000 tiap bannya.


    Waktu untuk Mengganti Ban Scoopy

    Lalu, kapan sih sebenarnya waktu yang paling tepat untuk mengganti ban Scoopy? Mengganti ban di waktu yang tepat bisa memastikan keselamatan berkendara. Berikut beberapa tanda bahwa ban Scoopy perlu diganti:

    - Ban Sudah Aus
    Kita bisa melihat jika ban sudah aus, ciri-cirinya sudah rata atau tidak tampak bergerigi lagi. Nah ini artinya ban sudah mendekati atau melewati TWI (Tread Wear Indicator). Artinya kita harus segera ganti ban.

    - Ban Sering Bocor
    Pernah mengalami, ban sudah ditambal tapi masih bocor berkali-kali dan lagi? Nah ini artinya ban sudah saatnya diganti. Kita bisa melihatnya secara langsung juga jika sudah ada retakan di permukaannya. Ini artinya ban sudah tidak layak digunakan.

    - Kendali Kurang Stabil, Ban Kehilangan Daya Cengkeram
    Ada kalanya saat berkendara, kita merasa tidak stabil. Apalagi saat berbelok atau di jalanan licin. Nah ini tanda kalau ban sudah kehilangan daya cengkeramnya. Artinya sudah saatnya ganti ban.


    Tips Menghemat Biaya Penggantian Ban

    Dengan mengganti ban tepat waktu, artinya kita bisa menjaga keamanan berkendara. Selain itu kita juga bisa menghemat biaya jangka panjang karena menghindari risiko kecelakaan dan kerusakan lainnya. 

    biaya ganti ban scoopy

    Mengganti ban Scoopy sebenarnya adalah bagian dari perawatan rutin. Berikut beberapa tips membantu menghemat biaya penggantian ban:

    - Perawatan Ban Berkala
    Merawat ban secara berkala bisa menjadi cara hemat biaya. Kita bisa melakukannya dengan memeriksa tekanan angin secara rutin sesuai standar perawatan ban. Hal ini dapat membuat ban bertahan lebih lama.

    - Rotasi Ban
    Cara ini sebenarnya agak jarang dilakukan. Karena tiap ban, depan maupun belakang sudah punya spesifikasinya masing-masing. Tapi kita bisa kok mencoba cara ini agar keausan ban merata, jadi sedikit lebih awet.

    - Manfaatkan Promo dan Diskon
    Beli ban di e-commerse? Bisa kok. Kita bisa mencari e-commerse atau bengkel yang menawarkan diskon dan promo saat akan membeli ban. Diskon dan promo harga ban Scoopy di toko otomotif dapat digunakan untuk melakukan penghematan.

    - Ganti Ban tepat Waktu
    Segera ganti ban jika memang sudah waktunya diganti. Jangan menunggu benar-benar rusak, karena bisa berbahaya saat berkendara ataupun menyebabkan kerusakan lainnya. Kalau terjadi kecelakaan atau ada kerusakan lainnya, maka biaya yang dibutuhkan akan lebih besar.


    Penutup

    Merawat motor terutama mengganti ban Scoopy butuh perencanaan biaya yang matang. Kita perlu mempertimbangkan harga ban, jasa pemasangan dan biaya tambahan lainnya yang mungkin muncul. Dengan memperkirakan total biaya ganti ban ini, kita jadi bisa mempersiapkan dana yang diperlukan.

    Sebelum dan sesudah melakukan penggantian ban Scoopy, kita juga tetap harus merawat ban dengan teratur. Dengan begitu, umur pakai ban akan lebih panjang dan hemat pengeluaran jangka panjang. Pastikan memilih ban berkualitas dengan harga ban Scoopy yang sesuai serta layanan yang terpercaya agar motor tetap aman dan nyaman saat digunakan.

    Sampai jumpa di tulisan lainnya.

    9 komentar:

       
    1. Ban harus segera diganti kalau sudah waktunya ya mbak demi keselamatan juga. Kalau aku biasanya milih ban tubless supaya tahan bocor gak lansgung kempes. Nah iya betul banget jarang orang rotasi ban kalau di motor kalau di mobil lebih banyak yg melakukannya

      BalasHapus
    2. Ban scoopy dengan harga terjangkau dan memiliki kualitas yang baik

      BalasHapus
    3. Balancing dan Alignment tuh penting bgt ya kak. Kmrn pasang ban tp goyang terus. Jd malah g tenang, berasa kyk bocor pdhl enggak. Akhirnya diset ulang di bengkel

      BalasHapus
    4. suka dimarahin kalau ban udah aus, tapi 'nanti-nanti' terus kalau disuruh ganti. ya gimana dong, namanya cewek, kalau ngerasa masih aman, ya dipake terus. plis jangan ditiru

      BalasHapus
    5. Bermanfaat banget ini infonya,mengingatkan kita untuk selalu cek sepeda motor kita setiap bulannya khususnya ban motor biar berkendara selalu aman & jadi tahu juga kisaran harganya biar kita bisa jaga jaga dari awal

      BalasHapus
    6. Seringnya nggak ngeh ban udh alus. Hayuk Gass aja. Sampe ada yg bilang baru dah 😅

      BalasHapus
    7. Wah dapat inspirasi soal rotasi ban nih. Cara ini bisa dicoba sih ya, siapa tahu aja cocok misal buat jaga keseimbangan dan mendukung performa motor scoopy nya juga

      BalasHapus
    8. Urusan ban emang tiada duanya, aman dan nyaman buat jalan.. tak kalah penting soal urusan kantong donk...hikshiks

      BalasHapus
    9. Baru tahu ada berbagai jenis ban honda scoopy dengan harga bervariasi. Nah, kalau saya lebih suka pakai ban tubeless selain karena lebih awet harganya juga masih lebih terjangkau

      BalasHapus

    Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

    Note :

    Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

    Diberdayakan oleh Blogger.