Benefit Dan Tips Aman Transaksi Dengan Mesin EDC Untuk Pembeli

Daftar Isi [Tampil]
    Salah satu penyakit emak-emak seperti aku setelah punya anak adalah pelupa. Kadang kalau mau belanja, Cuma ambil dompet terus berangkat deh. Pas mau bayar, baru sadar kalau enggak punya uang tunai karena lupa belum tarik uang. Nah untungnya saat ini sudah bisa bertransaksi secara cashless.

    transaksi dengan mesin edc

    Metode pembayaran secara cashless saat ini lebih diminati oleh banyak masyarakat Indonesia dibandingkan dengan tunai. Alasan utamanya ya karena lebih praktis. Salah satunya yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita adalah menggunakan sebuah mesin EDC, mesin kecil yang bisa digunakan untuk menerima pembayaran hanya dengan melalui gesek, baik itu menggunakan kartu debit maupun juga kartu kredit.

    Keuntungan Bayar Cashless Menggunakan Mesin EDC

    Sebenarnya yang lebih banyak mendapatkan keuntungan dari transaksi yang dilakukan secara cashless, yaitu pakai mesin EDC ini adalah konsumen, di antara keuntungan yang bisa dirasakan adalah:

    1. Transaksi Lebih Mudah dan Cepat. Sebagai konsumen, kita tidak perlu lagi menghitung uang untuk pembayaran, semuanya bisa secara otomatis karena tagihan nantinya masuk ke dalam rekening. Faktanya transaksi elektronik ini juga jauh lebih cepat dibandingkan ketika mengandalkan transaksi secara tunai atau biasa.

    2. Faktor Keamanan. Dari segi keamanan, transaksi cashless menggunakan mesin EDC lebih unggul. Pastinya banyak yang sudah tahu bahwa membawa uang tunai ke mana-mana lebih berisiko, karena bisa saja nantinya uang tersebut hilang atau mengalami tindak kejahatan seperti dirampok. Risiko kesalahan dalam pemberian kembalian pastinya juga ada, sehingga harus diwaspadai.

    3. Pilihan Pembayaran yang Lebih Banyak dan Fleksibel. Keuntungan lain bertransaksi secara cashless ini adalah fleksibilitas. Sebagai konsumen, kita bebas menentukan jenis pembayaran seperti apa yang diinginkan. Faktor kemudahan juga menjadi poin lebihnya, yakni kita tidak perlu lagi membawa uang tunai karena bisa bayar cashless.

    4. Mendapatkan Diskon hingga Reward Menarik. Selanjutnya ada juga potensi untuk mendapatkan lebih banyak potongan harga atau diskon lewat program-program menarik yang ditawarkan oleh perusahaan penerbit tersebut, begitu juga dengan program poin reward nantinya.

    5. Ada Rekaman Bukti Transaksi. Bukti transaksi ini dapat digunakan untuk melacak pengeluaran kita. Bisa digunakan juga untuk mempermudah dalam melakukan pembukuan pribadi.

    Tips Aman Transaksi Lewat Mesin EDC

    Meskipun bisa dibilang lebih aman dibandingkan dengan transaksi secara tunai atau langsung, namun risiko-risiko tindak kejahatan tetap ada, yaitu jika mesin disisipi dengan alat yang dapat mencuri data dan sebagainya. Hal seperti itu saat ini marak terjadi. 

    aman transaksi dengan mesin edc

    Berikut beberapa tips bertransaksi lebih aman menggunakan mesin EDC:

    1. Pastikan ketika memasukkan PIN transaksi ditutup dengan tangan. Pastikan tidak ada orang di sekitar yang mengetahui tentang PIN tersebut, karena riskan juga jika PIN tersebut diketahui oleh orang lain, bisa saja nantinya disalahgunakan.

    2. Pastikan bahwa kartu debit maupun kartu kredit tidak berpindah tangan kepada orang lain. Pastikan untuk jangan pernah memberikan kartu-kartu semacam ini kepada orang lain, karena dapat disalahgunakan. Apa pun jenis transaksinya lebih baik dilakukan sendiri atau bisa juga dipercayakan kepada orang terdekat layaknya pasangan sampai dengan orang tua yang memiliki pemahaman yang cukup dan sama tentang keamanan bertransaksi.

    3. Melakukan penggantian PIN secara berkala. Penggantian PIN wajib dilakukan secara berkala, setidaknya adalah 3 bulan sekali. Pastikan juga bahwa PIN yang digunakan tersebut adalah kombinasi yang kuat, dan sebaiknya angka acak yang sulit ditebak. Contoh PIN yang sebaiknya dihindari: angka berurutan, angka yang sama, tanggal lahir.

    4. Selalu memastikan nominal transaksinya sebelum memasukkan PIN untuk transaksi. Saat melakukan pembayaran sebaiknya teliti juga memastikan berapa besar jumlah uang yang harus dibayarkan, pastikan bahwa nominal tersebut sudah sesuai. Sehingga nantinya uang yang terpotong juga sesuai jumlahnya. Apalagi banyak juga oknum nakal yang terkadang menambahkan jumlah uang untuk transaksinya.

    Penutup

    Demikian tadi beberapa tips aman bertransaksi dengan mesin EDC. Faktor kepraktisan penggunaan mesin EDC tetap harus ditunjang dengan faktor keamanan yang baik. Sebagai konsumen, sistem pembayaran yang serba praktis ini sangat memudahkan dan menguntungkan. Apalagi kalau emak-emak yang belanja, tapi lupa bawa uang tunai. Mesin EDC benar-benar jadi penyelamatnya tanpa harus panik berlarian menarik uang tunai lebih dulu.

    Kalau kamu juga sedang menjalankan sebuah bisnis, patut juga untuk mempertimbangkan dalam menggunakan mesin EDC ini sebagai variasi dalam pembayaran, karena berfungsi untuk menarik lebih banyak konsumen agar nantinya mau membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

    Dan penyedia layanan mesin EDC yang terpercaya adalah Bank BCA. Sejauh ini sudah jutaan merchant yang terdaftar menjadi bagian dari BCA, dengan banyak keuntungan yang bisa dirasakan dengan program-program menarik BCA lainnya.

    Sampai jumpa di tulisan lainnya.

    3 komentar:

       
    1. Nah, saya sekarang kalau kemana2 emang jarang bawa uang cash. Bawanya kartu debet aja.. Lebih praktis dan emang lebih suka bayarnya cashless gt salah satunya lewat mesin EDC ini.

      BalasHapus
    2. saya temasuk orang yang jarang ganti PIN tapi sekarang kayaknya memang wajib rajin ganti pin ya biar aman, dan saya juga jarang banget ngecek nominal, wah jadi reminder saya niy mba, thank you banget

      BalasHapus
    3. Memang lebih praktis buat pemilik usaha pakai metode bayar ini, gak pakai antre lama buat pengnjung. Apalagi bisa memudahkan ceki-ceki laporannya juga kan

      BalasHapus

    Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

    Note :

    Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

    Diberdayakan oleh Blogger.