Tips Menjadi Pereview Buku Sukses

Daftar Isi [Tampil]
    Pernah gak sih kepikiran, kalau menulis review buku itu jadi pekerjaan alias menghasilkan? Ada lho, orang yang memang ahli dan diakui oleh banyak orang, kalau tulisan review bukunya benar-benar bagus. Tidak jarang, para penulis atau penerbit bahkan antri agar buku mereka direview oleh orang seperti ini. Tapi bagaimana cara agar bisa seperti itu?

    penulis review buku sukses

    Menjadi penulis review buku sukses bukanlah hal instan yang bisa dilakukan dalam waktu singkat. Menulis review buku membutuhkan kombinasi rasa cinta terhadap buku, memiliki pemahaman yang mendalam tentang buku, memiliki kemampuan menulis yang baik, hingga strategi promosi review buku yang tepat.

    Tips Menjadi Penulis Review Buku Sukses

    Standar kesuksesan tiap orang bisa berbeda beda. Begitu pula standar kesuksesan seorang penulis review buku. Bagiku, menulis adalah hiburan, menyalurkan apa yang kupikirkan setelah membaca buku. Tidak melulu tentang memenuhi target membaca dan menulis.

    Berikut beberapa tips menjadi penulis review buku sukses, yang bisa dicoba:

    1. Jadi Pembaca Aktif

    Menjadi pembaca sebaiknya tidak hanya sekadar ‘membaca’ saja. Apa yang dibaca berhenti setelah halaman terakhir buku ditutup. Kita perlu menjadi pembaca yang aktif, dengan cara baca buku secara luas dari beragam genre. Semakin banyak buku yang dibaca, maka wawasan kita pun akan semakin luas.

    Pembaca aktif selalu punya catatan saat membaca. Kita bisa mencatat poin-poin penting, kutipan menarik, hal-hal yang meragukan, hal-hal yang berguna, dan lain-lain. Pencatatan ini akan sangat berguna saat nantinya menulis review buku.

    Hal yang tidak kalah pentingnya adalah harus mau mengikuti perkembangan dunia literasi. Terbuka pada genre buku yang baru, penulis baru, isu terkini dunia buku dan mau memperhatikan tren bacaan saat ini.

    2. Kembangkan Kemampuan Analisis

    Menjadi seorang penulis review buku yang sukses berarti punya kemampuan analisis terhadap buku yang baik. Kita bisa memulainya dengan menentukan sudut pandang. Dari sudut pandang apa akan menganalisis isi buku, seorang pembaca biasa, kritikus sastra atau perspektif tertentu yang lebih khusus.

    Hal selanjutnya yang perlu dikembangkan adalah kemampuan mengidentifikasi tema dan bagaimana tema itu dikembangkan. Setelahnya tinggal menilai gaya penulisan si penulis, apakah sudah efektif untuk menyampaikan pesan atau belum.

    Dan tidak kalah pentingnya, membandingkan dengan karya buku lain. Kemampuan membandingkan dengan karya buku lain dimiliki kalau kita punya dasar karena telah membaca banyak buku.

    3. Kuasai Teknik Menulis Review Buku

    Apakah penulis review buku yang bagus menulis asal-asalan? Sudah pasti jawabannya tidak. Untuk dapat menulis review buku yang bagus, penulis review buku harus paham penar dan menguasai teknis menulis review buku.

    Pertama, harus menguasai dan memahami struktur review buku. Biasanya review buku terdiri dari identitas buku, ringkasn buku, analisis, kelebihan dan kekurangan dan ditutup dengan kesimpulan.

    penulis review buku yang sukses

    Kedua, saat menulis harus menggunakan bahasa yang jelas, menarik dan informatif. Hindari bahasa terlalu kaku atau terlalu santai. Kita bisa menggunakan kalimat yang beragam dan kata-kata yang tepat untuk menyampaikan ide.

    Terakhir, berikan pendapat yang jujur dan objektif terhadap isi buku. Penilaian yang diberikan harus didukung alasan yang kuat, tidak terlalu banyak mencela atau memuji.

    4. Bangun Gaya Menulis yang Unik

    Setiap orang memiliki gaya menulisnya masing-masing. Nah, seorang pereview buku juga perlu punya hal ini. Cobalah untuk mengembangkan gaya menulis yang unik, khas tetap mudah diingat oleh orang lain.

    Jangan takut mencoba gaya penulis berbeda beda, sampai bisa menemukan gaya menulis review buku yang paling sesuai dengan diri sendiri. Saat menulis, bisa coba menggunakan bahasa yang kreatif seperti metafora, simile atau kiasan tertentu yang uni.

    5. Promosi itu Wajib

    Agar review buku semakin luas dibaca, maka seorang pereview buku wajib melakukan promosi review buku di media sosial. Bagikan review buku yang sudah dibuat di berbagai platform media sosial seperti instagram, twitter, facebook, tiktok dan youtube.

    Nah agar menulis maupun membaca reivew buku makin leluasa, bisa juga dengan membuat blog atau website pribadi. Ini adalah langkah awal jika memang ingin menulis review buku dengan serius. Dan tidak kalah penting, ikut juga dengan komunitas pembaca online maupun online. Dalam komunitas, pereview buku bisa berdiskusi dengan sesama pencinta buku dan berbagi review buku.

    6. Kritik yang Bijak

    Menulis review buku berarti memberikan penilaian, kritik dan masukan atas isi buku. Kita perlu fokus pada kelebihan dan kekurangan buku. Hindari hanya memberikan pujian saja tanpa adanya kritik yang membangun. Menulis review buku tanpa merendahkan.

    Pada saat memberikan kritik, kita juga perlu memberikan alasan dan penjelasan jika menyukai atau tidak suka dengan aspek tertentu pada buku. Yang tidak kalah pentingnya adalah menghindari serangan pribadi pada penulisnya. Kritik karyanya, bukan penulisnya.

    7. Mau Terus Belajar

    Seorang penulis review buku hendaknya tidak berhenti terus belajar hal baru maupun memperdalam kemampuan. Cara yang dapat dilakukan seperti ikut kurus menulis. Saat ini ada banyak kursus, webinar, seminar maupun workshop tentang menulis yang bisa diikuti secara online maupun offline.

    Tidak hanya belajar menulis saja, seorang penulis review buku juga harus mau membaca ulasan atau review buku dari penulis lainnya. Pelajari bagaimana penulis lain menulis review buku dan menyampaikan ide mereka. Pelajari cara penulis lain agar review buku dibaca banyak orang. Dan jangan lupa punya untuk terbuka terhadap kritik dan masukan dari pembaca lain maupun penulis lain.

    Penutup

    Upaya untuk menjadi penulis review buku sukses bisa dimulai dengan memilih buku yang paling disukai, agar saat membaca maupun menulis review buku bisa benar-benar menikmatinya. Kedua, jujur pada diri sendiri. Jangan takut memberikan pendapat, meski bisa saja berbeda dengan pendapat umumnya. Dan terakhir harus mau memberikan rekomendasi buku, agar pembaca juga punya wawasan luas.

    Demikian tadi beberapa tips menjadi penulis review buku sukses. Sukses bukanlah hal instan. Tetapi harus diusahakan dengan konsisten dan tidak mudah menyerah. Sampai jumpa pada tulisan selanjutnya. Kali ini aku nulis Review Buku The Puberty Book

    Tidak ada komentar:

    Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

    Note :

    Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

    Diberdayakan oleh Blogger.