Sinopsis Anti Spoiler pada Review Buku

Daftar Isi [Tampil]
    Salah satu bagian penting yang harus ada dalam review buku adalah sinopsis atau ringkasan buku. Informasi isi buku secara umum ini yang juga dicari orang saat membaca review buku. Dari sinopsis yang ada pada review buku, orang bisa tertarik membaca buku.

    Secara umum, sinopsis adalah ringkasan padat dari sebuah cerita, film, atau teater tanpa menghilangkan inti ceritanya. Jadi, meski disampaikan dalam bentuk yang lebih ringkas, tetap dapat dipahami inti ceritanya.

    sinopsis anti spoiler

    Sinopsis biasanya tidak menceritakan isi cerita secara lengkap, gamblang dan utuh. Sering kali sinopsis malah diakhiri dengan pertanyaan yang mengundang pembaca penasaran. Selain itu, sinopsis juga dapat diakhiri dengan sepotong kisah yang menggantung. Sinopsis yang baik haruslah informatif, menarik dan tidak mengandung spoiler.

    Unsur-Unsur yang Perlu Ada Pada Sinopsis

    Sinopsis bisa menjadi salah satu daya tarik pada sebuah review buku. Sinopsis yang menarik bisa membuat pembaca mengerti gambaran isi buku, merasa tertarik dan mempertimbangkan untuk membaca buku. berikut beberapa poin penting yang perlu dipertimbangkan untuk menulis sinopsis pada review buku.

    1. Ringkasan
    Sinopsis suatu buku saja sudah ringkas. Apalagi sinopsis yang ada dalam review buku, tentu lebih ringkas lagi. Oleh karena itu, saat menulis ringkasan, kita bisa buat secara singkat saja apa yang terjadi di awal, tengah, hingga akhir cerita. Hindari terlalu detail dan membocorkan hal penting dari buku, tetapi buat agar pembaca tetap memahami inti ceritanya dan dapat membaca efektif

    2. Karakter
    Cantumkan karakter utama dari buku tadi. Kita bisa menuliskan siapa mereka, interaksi karakter ini dalam cerita hingga konflik yang dihadapi oleh karakter tadi.

    3. Tema Utama
    Bagian berikutnya yang perlu dicantumkan adalah tema utama. Jelaskan buku tadi mengusung tema apa, dan mengapa tema ini menarik.

    4. Gaya Penulisan
    Gaya penulisan tiap penulis khas dan berbeda-beda. Jika hal ini muncul dalam buku, bisa dituliskan juga.

    5. Plot Twist
    Jika ada kejutan atau plot twist dalam cerita, bisa dituliskan juga. Tetapi pastikan tidak menuliskan detailnya.

    Menulis Sinopsis Anti Spoiler pada Review Buku

    Meski sinopsis yang ada pada review buku singkat, tetapi sebaiknya tidak boleh asal-asalan. Sinopsis tetap dibuat sebaik mungkin untuk menarik minat pembaca. Berikut beberapa tips menulis sinopsis anti spoiler pada review buku

    1. Tuliskan Hal yang Menarik
    Seperti menulis sinopsis pada umumnya, kita bisa mengawali sinopsis pada review buku dengan menuliskan hal menarik. Menuliskan hal menarik dari buku di awal sinopsis bisa jadi daya tarik tersendiri bagi buku itu.

    2. Rangkuman Isi Buku
    Seperti asal mulanya, sinopsis adalah rangkuman isi buku. Jadi kita perlu menuliskan ringkasan isi buku seara keseluruhan. Dari awal cerita, pertengahan cerita, dan akhir cerita. Meski diceritakan awal hingga akhir, tidak berarti dituliskan secara datailnya, agar tidak memberikan spoiler cerita. Cukup hal-hal pokok, dasar dan sekilas saja.

    Jika buku yang ditulis adalah buku fiksi, contohnya novel, maka kita bisa menuliskan awal konflik, puncak konflik atau klimaks dan penyelesaiannya. Penyelesaian bisa berisi pertanyaan yang tidak selesai.

    sinopsis pada review buku

    Jika buku yang ditulis adalah buku non fiksi, maka ringkasan atau rangkuman isi buku bisa mengacu pada daftar isi buku. Tuliskan saja bagian-bagian utama seperti yang ada pada daftar isi.

    3. Tulis dengan Bahasa yang Mudah Dipahami
    Agar sinopsis mudah dipahami, meski ringkas dan padat, kita perlu menuliskannya dengan bahasa yang sederhana, mudah dipahami tetapi tetap menarik. Jadi, dengan membaca ringkasan saja, orang sudah paham sekaligus tertarik dengan isi buku. Karena kita masih punya PeeR selanjutnya untuk menulis review buku secara utuh. 

    4. Singkat, Padat, Informatif, Jelas
    Namanya saja ringkasan, jadi sinopsis dibuat singkat, padat, tetapi tetap informatif serta jelas isinya. Jabarkan dengan bahasa yang efektif dan efisian. Hindari menulis bagian cerita yang keluar dari inti, sehingga jadi bertele-tele.

    5. Sesuaikan dengan Alur Buku
    Ada kalanya buku ditulis dengan cara flash back. Ketika menulis sinopsis kita tidak punya kewajiban menulis sesuai urutan sebenarnya. Cukup ikuti alur yang ada di buku saja. Kesesuaian dengan alur buku ini perlu agar pembaca tidak bingung saat membaca bukunya nanti.

    6. Jelaskan Kelebihan dari Buku
    Sinopsis pada umumnya maupun sinopsis yang ada pada review buku sama-sama ditulis untuk menarik minta pembaca. Oleh karena itu, kita bisa menuliskan juga kelebihan dari buku itu, baik secara langsung maupun dengan mencantumkan kutipan.

    7. Siapa Tokoh Utama dan Tokoh Pendukungnya?
    Penjelasan tentang tokoh utama dan tokoh pendukung adalah unsur yang perlu ada pada sinopsis. Terutama sinopsis novel atau buku fiksi. Kita bisa mencerita secara umum tentang tokoh utama dan tokoh pendukungnya. Tidak harus semua sih. Asal sudah dapat menggambarkan kalau tokoh inilah penggerak cerita dalam buku tadi.

    Penutup

    Membuat sinopsis pada review buku sebenarnya hampir sama dengan menulis sinopsis buku pada umumnya. Meski kadang memang jadi lebih ringkas atau singkat.

    Sebenarnya tidak ada batasan berapa jumlah kata atau halaman yang membatasi sinopsis pada review buku. Tapi tentu kita juga harus mempertimbangkannya dengan banyaknya review buku secara keseluruhan. Jangan sampai review buku isinya malah dominan sinopsis saja, tetapi pembahasannya terbatas atau sedikit, kan sayang.

    Dengan membuat sinopsis sesuai isi buku dan menarik, maka bukan hanya pembaca tertarik dengan isi buku saja, tetapi kita juga jadi bisa membuat review buku bagus. Nantinya, kita bisa membantu pembaca memutuskan untuk membaca buku tadi atau tidak.

    Oke, sampai jumpa di tulisan lainnya tentang Kesalahan Menulis Sinopsis pada Review Buku.

    Tidak ada komentar:

    Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

    Note :

    Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

    Diberdayakan oleh Blogger.