Promosi Review Buku di Media Sosial

Daftar Isi [Tampil]
    Menulis review buku ibarat jualan. Kalau ingin ada banyak orang yang membaca alias ada banyak konsumen, maka kita—penulis review buku—harus mau untuk melakukan promosi secara masif. Pada era teknologi seperti saat ini, media sosial bisa jadi salah cara efektif mempromosikan review buku.

    promosi review buku di media sosial

    Selain review buku yang berkualitas, konten promosi yang menarik di media sosial juga dapat menjadi magnet tersendiri bagi calon pembaca agar tertarik pada review buku. Nantinya, diharapkan kalau orang juga akan tertarik untuk membaca buku secara lengkap.

    Kenapa Review Buku Cocok Dipromosikan di Media Sosial?

    Alasan utama media sosial jadi alat promosi yang cocok untuk review buku adalah karena jangkauannya yang luas. Media sosial saat ini mudah dijangkau, dimiliki banyak orang bahkan menjangkau banyak orang. Jangkauan yang luas ini juga dilengkapi dengan kemudahan interaksi dengan pembaca lain, penulis atau penerbit.

    Hal menarik lainnya dari media sosial adalah visualnya yang menarik, seperti gambar, video hingga infografis. Selain itu, media sosial nyaris gratis—kecuali bayar untuk kuota internet—dan mudah diakses oleh siapa saja.

    Contoh Platform Media Sosial untuk Promosi Review Buku

    Meskipun pilihan media sosial ada banyak dan bisa digunakan untuk promosi review buku, kita tetap harus memperhatikan ciri khas tiap media sosial. Ada kelebihan dan kekurangan tiap media sosial untuk promosi review buku. Nah kita tinggal atur dan pilih akan menggunakan platform apa dengan jenis review buku yang seperti apa, sebagai cara review buku dibaca banyak orang
     

    Instagram

    Media sosial berbasis gambar dan video. Kita bisa buat akun khusus review buku. Kita juga dapat memanfaatkan fitur reels dan stories untuk memublikasikan review buku tadi. Jangan lupa gunakan juga hastag yang relevan. Meski demikian, IG tidak bisa mencantumkan link pada postingan. Solusinya, link review buku lengkap bisa kita sematkan pada profil IG.
     

    Twitter atau X

    Media sosial satu ini lebih dominan berisi teks. Untuk menyiasatinya, kita bisa menggunakan sedikit gambar dan video saja. Lalu dilengkapi dengan review buku dan kutipan menarik dari buku. Kita juga bisa membua thread yang lebih panjang agar bisa menyajikan review buku lebih lengkap.
     

    Facebook

    Facebook memberikan fasilitas teks, gambar maupun video. Kita bisa membagikan review buku kita atau link review buku di postingan facebook. Akan lebih baik kalau kita punya banyak pengikut atau membuat laman khusus dan atau grup khusus pencinta buku.
     

    TikTok

    Media sosial satu ini saat ini populer dengan video-video pendeknya. Kita bisa membuat video pendek yang menarik tentang buku, misalnya unboxing buku, book tour, atau tips membaca.

    Strategi Promosi Buku di Media Sosial

    Ada beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai strategi promosi review buku di media sosial. Simak berikut:
     

    #Tentukan Platform yang Tepat

    Media sosial yang ada saat ini banyak. Tetapi tidak semua media sosial cocok untuk mempromosikan review buku. Sebagai penulis review buku kita harus tahu dan jeli dalam memilih, media sosial mana yang akan dijadikan media promosi review buku.

    platform review buku tepat

    Kalau kita salah memilih media sosial, maka promosi review buku akan gagal. Pada akhirnya review buku kehilangan kesempatan untuk dibaca orang banyak. Contoh media sosial yang dapat digunakan untuk media promosi review buku contohnya adalah instagram, twitter atau X, facebook hingga tiktok.

    #Buat Konten yang Menarik

    Sebenarnya, mau dipublikasikan di media sosial atau tidak, sebagai penulis review buku kita tetap harus menulis dan membuat review buku yang berkualitas dan menarik. Apalagi jika akan dipublikasikan di media sosial, maka harus membuat review buku menarik di media sosial.

    Contohnya dengan membuat desain foto buku yang menarik, infografis bahkan video review buku. kita juga dapat memasukkan juga kutipan-kutipan terbaik dari buku agar pembaca penasaran. Konten yang menarik dapat dilengkapi juga dengan melibatkan pembaca dalam poling atau kuis terkait buku.
     

    #Hastag yang Relevan

    Di media sosial kadang kita perang hastag. Agar konten kita cepat viral, maka kita harus menggunakan juga hastag yang relevan.

    - Hashtag Buku: #buku, #bookstagram, #bookworm, #booklover
    - Hashtag Genre: #novelromantis, #novelmisteri, #fiksiilmiah
    - Hashtag Penulis: #[nama_penulis]
    - Hashtag Penerbit: #[nama_penerbit]
    - Hashtag Kampanye: Buat hashtag khusus untuk kampanye promosi review buku kita.

    #Tag Orang yang Relevan

    Kebanyakan penulis, penerbit, influencer dan pembaca lain juga memiliki media sosial. Nah kalau kita ingin review buku kita lebih cepat populer, maka kita dapat juga mengetag orang-orang yang relevan tadi.

    Kita bisa tag penulis buku untuk memberitahu mereka tentang review buku yang kita buat. Hal ini sama dengan penerbit, influencer dan pembaca lain juga.

    #Kolaborasi dengan Orang Lain

    Memanfaatkan media sosial bukan berarti hanya memanfaatkan fasilitas medsos-nya saja. Tetapi juga memanfaatkan interaksi dengan pemilik media sosialnya.

    Sebagai penulis review buku yang mempromosikan review buku kita di media sosial, kita juga dapat bekerjasama dengan pemilik media sosial lain. Kita bisa berkolaborasi dengan sesama blogger buku untuk membuat konten bersama. Kita juga dapat berkolaborasi dengan sesama booktuber untuk mereview buku yang sama lalu membuat video bersama. Ajak juga bookstagrammer lain untuk melakukan book tour bersama.
     

    #Maksimalkan Fitur dan Fasilitas Media Sosial

    Tiap media sosial punya fitur dan fasilitasnya masing-masing. Nah ini harus kita manfaatkan dengan baik. Contohnya fitur instagram stories dari IG untuk tanya jawab, kuis dan poling bagi follower. Di media X kita bisa juga memanfaatkan twitter polls untuk membuat polling sederhana untuk mengetahui pendapat follower tentang buku.

    fasilitas media sosial untuk promosi review buku

    Kita juga bisa memanfaatkan fitur live streaming untuk membahas buku lebih mendalam pada facebook live. Ini contoh media publikasi review buku
     

    #Iklan Berbayar

    Mau makin masif promosi di media sosial? Kita juga bisa memanfaatkan fasilitas iklan berbayar. Kita bisa memanfaatkan fitur boots post untuk meningkatkan jangkauan postingan di Facebook dan Instagram. Iklan tertarget dapat menyasar audiens yang tepat berdasarkan minat, demografi, dan perilaku mereka.
     

    #Konsisten dan Terukur

    Yang tidak kalah penting dalam promosi review buku di media sosial adalah postingan yang konsisten dan terukur. Kita harus membuat jadwal posting yang teratur untuk menjaga engagement.

    Setelah posting, kita juga bisa memanfaatkan tools analisis untuk melihat postingan yang efektif. Nah dari analisis ini nantinya kita bisa menyesuaikan strategi membuat konten selanjutnya berdasarkan data yang diperoleh.

    Penutup

    Dengan menerapkan strategi di atas, harapannya bisa mempromosikan review buku dengan efektif di media sosial dan menjangkau banyak pembaca. Sampai jumpa di tulisan selanjutnya tentang tips menjadi pereview buku yang sukses.


    Tidak ada komentar:

    Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

    Note :

    Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

    Diberdayakan oleh Blogger.