Menulis Review Buku Digital Ebook

Daftar Isi [Tampil]
    Ebook adalah singkatan dari electronic book atau buku elektronik. Jika buku cetak pada umumnya berbahan kertas, maka ebook adalah versi digital tadi buku tadi. Disebut juga buku digital. Buku digital atau ebook ini umumnya memerlukan perangkat elektronik seperti komputer, tablet atau e-reader untuk membacanya.

    Beberapa ebook bahkan memerlukan aplikasi khusus untuk dibaca. Cek juga ulasan tentang aplikasi baca ebook yang gratis dan legal di blog ini.

    Seperti buku pada umumnya, ebook berisi berbagai macam informasi, contohnya buku pelajaran, buku panduan, novel, dan lain-lain lain. Bedanya, ebook disimpan dalam format digital sehingga tidak butuh tempat yang luas, dan lebih mudah diakses, di mana saja dan kapan saja.

    review buku digital ebook

    Apakah ebook juga dapat dibuat review bukunya? Tentu saja bisa. Ebook juga merupakan sebuah karya si penulis yang juga dapat dinilai dan diulas. Ada kalanya ebook lebih mudah dibuat reviewnya karena ada banyak pilihan platform yang menyediakan ulasan dan rating ebook.


    Perbedaan Menulis Review Buku Fisik dan Ebook

    Pada prinsipnya, menulis review buku apapun punya tujuan memberikan ulasan dan penilaian serta rekomendasi pada pembaca. Pembaca akan mendapatkan informasi dari ulasan tadi. Meski demikian, terdapat beberapa perbedaan menulis review buku fisik dengan ebook. Berikut ulasannya:

    #Fokus Review Buku

    Jika mengulas buku fisik, kita biasanya fokus pada fisik buku. Membahas sampul buku, kualitas kertas ataupun aroma buku. Berbeda dengan ebook yang bentuk fisiknya ‘tidak ada’. Jadi kita biasanya fokus pada pengalaman membaca digital, seperti ketersediaan file ebook, kemudahan navigasi halaman ebook, aplikasi yang sesuai untuk membaca ebook hingga kompatibilitas perangkat.

    # Membaca

    Memangnya cara membaca buku fisik dan ebook berbeda? Saat membaca buku fisik, kita melibatkan sensoris. Kita bisa menyentuh fisik buku secara langsung, menyentuh kertas halamannya, membalik halaman hingga melihat tata letak. Pengalaman membaca yang diperoleh akan lebih tradisional dan imersif.

    Berbeda dengan buku digital atau ebook. Buku digital umumnya dibaca melalui perangkat elektronik, jadi tidak bisa disentuh fisik bukunya. Tetapi membaca ebook lebih praktis dan portabel. Tidak perlu membawa banyak buku saat akan membaca di tempat lain. Bisa membaca banyak buku hanya bermodal satu perangkat saja. Bisa mencari kata kunci tertentu dengan bantuan fitur search.

    # Aspek yang Diulas

    Pada saat mengulas buku fisik, kita bisa membahas mengenai cetakan, kertas, desain sampul, dan nilai estetika buku secara keseluruhan. Berbeda dengan ebook yang dibahas adalah format file, navigasi, fitur tambahan yang tersedia, hingga kualitas format digitalnya.

    # Dampak pada Pengalaman Membaca

    Pengalaman membaca buku fisik sangat erat kaitannya dengan keadaan fisik buku. Salah cetakan, halaman yang kosong, terbalik atau rusak, adalah contoh jenis cacat pada buku fisik yang dapat berpengaruh pada pengalaman membaca.

    Pada ebook kita tidak akan menemukan cacat fisik tadi. Tapi kita bisa menemukan eror atau typo penulisan. Kadang kalau file yang tidak lengkap atau corrupt, membuat jadi tidak bisa dibaca. Selain itu, peralatan elektronik yang tidak kompatible dengan jenis file ebook juga bisa merusak kenikmatan membaca.


    Tips Khusus Menulis Review Ebook

    Menulis review buku digital atau ebook bisa dilakukan oleh siapa saja. Secara umum, langkahnya hampir sama dengan menulis review buku biasa. Tetapi ada beberapa tips khusus menulis review buku digital atau ebook, simak berikut:

    # Sebelum Membaca

    Seperti akan mengulas buku pada umumnya, kita juga perlu memilih ebook yang menarik untuk dibuat reviewnya. Ini membuat kita jadi bersemangat dan antusias saat menulis. Selain itu, kita juga perlu memperhatikan format file ebook tadi. Apakah butuh aplikasi khusus atau bisa tinggal buka saja. Apakah butuh perangkat khusus untuk membukanya.

    Seperti buku fisik, ebook juga bisa didapat dari berbagai cara. Misalnya membeli pada penyedia ebook legal, atau meminjam di perpustakaan digital, atau berlangganan aplikasi penyedia ebook. Kita juga bisa mempertimbangkan fasilitas lain yang disediakan seperti kamus bantuan, dan kemudahan meminjam ebook.

    # Saat Membaca

    Saatnya membaca ebook! Jangan lupa untuk membuat catatan penting, kutipan menarik atau kesan saat membaca buku. Bisa ditulis di kertas atau buku lain yang kita siapkan, atau di halaman ebooknya langsung, jika memungkinkan.

    baca buku digital ebook

     

    Beberapa elemen penting yang juga perlu kita perhatikan seperti kualitas tulisan. Apakah mudah dipahami dan rapi. Apakah ceritanya menarik dan alurnya mudah diikuti. Apakah penggambaran karakternya menarik. Selain itu pertimbangkan juga ketersediaan fitur pendukung ebook tadi.

    # Menulis Review Buku

    Ini saatnya menulis review buku! Seperti buku pada umumnya, kita juga perlu menuliskan informasi dasar ebook, seperti judul ebook, penulis, penerbit, format ebook hingga tempat mendapatkan ebook tadi.

    Bagian selanjutnya adalah sinopsis cerita atau ringkasan cerita yang berisi gambaran singkat isi buku tanpa memberikan spoiler. Nah setelahnya tinggal tunjukkan kelebihan serta kelemahan buku. hal-hal menarik dari ebook tadi. Tidak lupa tuliskan juga pendapat kita terhadap ebook tadi. Apakah suka atau tidak dan apakah akan merekomendasikannya pada orang lain.

    Karena buku yang direview adalah ebook, kita juga bisa memasukkan perbandingan dengan versi lain jika ada. Dengan perbedaan format yang ada, bandingkan pengalaman membaca antara ebook dan versi cetak.

    Sorot juga keunggulan ebook dari segi ekonomi, lebih murah misalnya. Lebih ramah lingkungan karena tidak butuh kertas, kelengkapan fitur pendukung ebook, serta kemudahan akses ebook di mana saja.

    Mungkin bisa ditambah juga dengan membahas elemen ebook tadi. Bagaimana format ebooknya? Apa kelebihan dan kekurangan format tadi. Apakah formatnya mudah dibaca dan apakah ada fitur pendukung yang bermanfaat. Tidak lupa akhiri dengan penilaian dan kesimpulan review buku tadi.
     

    Penutup

    Menulis review buku jenis buku digital atau ebook sebenarnya hampir sama dengan menulis review buku pada umumnya. Tetapi kita juga tetap membutuhkan pemahaman format ebook, pengalaman membaca di perangkat elektronik hingga kualitas kontennya.

    Tips di atas bisa kok digunakan untuk membantu menulis review buku yang informatif dan menarik. Dan tujuan kita memberikan informasi pada pembaca serta membantu pembaca mengambil keputusan membeli ebook bisa terpenuhi.

    Sampai jumpa di tulisan selanjutnya tentang Sinopsis Anti Spoiler pada Review Buku.

    Tidak ada komentar:

    Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

    Note :

    Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

    Diberdayakan oleh Blogger.