Cara Review Buku Dibaca Banyak Orang

Daftar Isi [Tampil]
    Apakah semua orang suka membaca review buku? Jawabannya ya tidak. Ada beberapa alasan orang kurang suka membaca review buku, seperti preferensi pribadi yang lebih suka langsung baca bukunya tanpa mengintip sedikit pun dari review buku.

    Ada pula yang karena keterbatasan waktu, memilih tidak membaca review buku. Lalu ada yang sudah yakin dalam memilih buku, sehingga tidak perlu masukan dari orang lain. Ada pula yang sengaja menghindari review buku karena takut kena spoiler.

    review buku dibaca banyak orang
    Meski demikian, keberadaan review buku sebenarnya tetap punya peran penting bagi banyak orang. Salah satunya membantu dalam memilih buku. Kita bisa mengintip sedikit isi buku lewat review buku. Hal inilah yang dapat digunakan sebagai pedoman saat memilih buku, memutuskan akan membaca suatu buku atau tidak, baca review buku sebelum beli. Selain itu, review buku juga jadi cara menemukan buku baru dan membandingkan berbagai buku.

    Cara Agar Review Buku Dibaca Banyak Orang

    Meski membaca review buku bersifat subjektif, apakah kemudian kita—penulis review buku—diam saja dan tidak berusaha agar orang tertarik membaca tulisan kita? Ya tidak bisa begitu dong. Kita juga perlu mencari cara agar tulisan kita dibaca banyak orang.

    Berikut beberapa cara agar review buku bisa dibaca oleh banyak orang:

    # Tulis Review Buku yang Menarik

    Agar review buku yang ditulis menarik bagi orang lain, kita perlu menulis review buku yang menarik. Dimulai dari judul yang menarik, struktur review buku yang jelas, dan dilengkapi dengan ulasan yang jelas dan menarik. Selain itu, kita juga bisa melengkapinya dengan kutipan menarik dan hal-hal menarik dari buku.

    Nah agar review buku makin menarik, kita juga bisa melengkapinya dengan gambar-gambar, infografis bahkan video ulasan buku.

    # Platform yang Tepat

    Ingin tulisan dibaca banyak orang? Ya publikasikan menggunakan media yang tepat. Kita bisa memilih media publikasi review buku, disesuaikan dengan bentuk review buku yang kita buat.

    Contohnya jika kita ingin membuat review buku yang cenderung panjang dan lengkap, maka bisa dipublikasikan lewat blog atau website pribadi. Lalu jangan lupa tautkan link review buku tadi ke media sosial. Kalau tulisan review buku kita cenderung singkat padat tetapi menarik, kita bisa memilih media sosial seperti instagram, facebook, twitter atau Goodreads.

    Kalau kita membuat review buku video, maka kita juga perlu mengunggahnya di media online berbasis video. Lakukan riset dan gunakan juga tagar yang sesuai.

    Kita juga bisa membagikan review buku kita di sejumlah forum atau komunitas online. Apalagi jika komunitas khusus sesama pencinta buku dan pembuat review buku. Tentu akan semakin memperbesar peluang review buku dibaca.

    # Promosi itu Wajib

    Agar jangkauan review buku kita makin luas, maka kita juga harus melakukan promosi. Promosi bisa dengan membagikan link review buku kita di semua media sosial yang kita punya. Bisa juga dengan membuat video review buku. Selain itu review buku bisa dilengkapi juga dengan infografis menarik yang memperindah review buku kita.

    Promosi juga bisa dengan bantuan blog lain, jadi bisa juga dengan cara berkolaborasi dengan blogger buku yang lain. Dan contoh promosi selanjutnya adalah ikut giveaway. Ada berbagai media sosial yang suka mengadakan giveaway. Nah ini juga jadi kesempatan kita untuk mempromosikan review buku kita.

    # Perkuat Teknis

    Untuk menghasilkan review buku yang menarik, kita juga harus memperkuat hal-hal teknis. Seperti mengoptimalkan SEO. Apalagi saat ini kebanyakan review buku dipublikasikan pada media online. kita harus paham tentang SEO, penggunaan kata kunci yang tepat dan relevan, pengoptimalan deskripsi meda hingga memberikan internal link dan eksternal link.

    Hal teknis lainnya yang juga dapat dioptimalkan adalah membuat gambar, foto dan infografis menarik. Kita bisa mengunggah foto cover buku dengan resolusi tinggi tetapi dengan ukuran sesuai SEO. Kita juga bisa membuat foto buku yang estetik alih-alih cover buku biasa. Lalu tambahan visual lain seperti infografis dan video juga harus dibuat dengan optimal.

    Hal-hal teknis tadi tidak akan ada artinya kalau tidak dilakukan secara konsisten. Artinya, ketika kita menulis review buku dan memublikasikannya, sebaiknya dilakukan secara konsisten. Kita bisa membuat jadwal posting review buku dengan teratur agar disukai mesin pencari dan mendapatkan pembaca yang loyal.

    # Interaksi dengan Pembaca

    Tips selanjutnya agar review buku dibaca banyak orang adalah membangun hubungan baik dengan pembaca. Dengan jadwal posting yang konsisten, maka pembaca juga akan hapal dan kembali datang membaca tulisan kita. Akhirnya kita bisa mendapatkan pembaca loyal.

    interaksi dengan pembaca

    Selain itu, kita juga bisa membalas komentar pembaca dengan ramah dan sopan. Ajukan pertanyaan pada pembaca dan ajak mereka berdiskusi. Interaksi juga dapat dilakukan dengan pembaca lain melalui komunitas buku.

    Penutup

    Menulis review buku tidak hanya membagikan keseruan membaca. Kita juga memberikan sudut pandang lain pada pembaca, terhadap buku yang kita buat reviewnya. Ada kalanya orang suka dengan review buku yang kita buat, sebaliknya ada pula yang tidak suka. Hal itu adalah hal yang wajar. Mengingat selera masing-masing orang berbeda, dihubungkan dengan berbagai pertimbangan.

    Meski demikian, sebagai penulis review buku sebaiknya kita tetap menulis dan menghadirkan tulisan dan konten yang menarik. Memang setiap tulisan ada jodoh pembacanya. Tapi setiap usaha membuat tulisan review buku yang menarik tidak akan mengecewakan nantinya.

    Sampai jumpa di tulisan lainnya promosi review buku di media sosial

    Tidak ada komentar:

    Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

    Note :

    Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

    Diberdayakan oleh Blogger.