Rekomendasi Tempat Menulis Review Buku

Daftar Isi [Tampil]
    Bagi sejumlah orang, untuk bisa menulis butuh tempat khusus. Baik itu tempat yang tenang ataupun tempat yang mendukung. Meski demikian, ada juga orang yang bisa tetap menulis di mana saja, tanpa terganggu oleh situasi di sekitarnya.

    tempat menulis review buku

    Tempat ideal untuk menulis review buku bisa berbeda-beda tiap orang. Tergantung pada preferensi pribadi dan gaya kerja kita. Ada beberapa hal yang bisa dipertimbangkan untuk menentukan tempat ideal menulis review buku.

    Kriteria Tempat Ideal Menulis Review Buku

    Ada beberapa kriteria yang dapat dijadikan panduan menentukan tempat ideal menulis review buku, yakni:

    1. Tempat yang Tenang dan Nyaman

    Untuk menulis, biasanya kita butuh konsentrasi tinggi. Jadi kita butuh tempat yang tenang dan minim gangguan. Sehingga kita bisa konsentrasi penuh saat menulis.

    2. Tempat yang Menginspirasi

    Tempat lain yang bisa jadi kriteria ideal menulis review buku adalah tempat yang menginspirasi. Selain butuh konsentrasi tinggi, menulis kadang butuh inspirasi. Apalagi jika tiba-tiba kehilangan mood menulis.

    Kita bisa memilih tempat yang menarik dan mendatangkan inspirasi menulis. Lebih baik lagi kalau tempat ini juga bisa memperbaiki mood dan mempertahankan mood menulis.

    3. Tempat yang Memiliki Fasilitas yang Mendukung

    Kalau yang satu ini sangat penting. Saat menulis review buku, kita butuh beberapa fasilitas pendukung. Kalau kita punya laptop, kadang kita juga butuh internet. Ada kalanya kita juga butuh tempat yang dapat menyediakan sumber informasi untuk menulis.

    Rekomendasi Tempat Ideal Menulis Review Buku

    Kalau sudah paham kriteria tempat yang ideal untuk menulis review buku, maka inilah beberapa rekomendasi tempat ideal menulis review buku:

    #Perpustakaan

    Perpustakaan adalah tempat ideal untuk menulis review buku dan menulis pada umumnya. Tempat ini punya suasana tenang dan kondusif. Ada banyak buku yang bisa membantu kita jika membutuhkan sumber menulis. Di sini juga tersedia akses internet dan sumber listrik, jadi bisa nyaman saat bekerja.

    Kalau melihat kriteria di atas, perpustakaan memenuhi tiga kriteria di atas. Jadi tempat yang nyaman dan tenang, bisa memberikan inspirasi dan juga memiliki banyak fasilitas pendukung menulis.

    #Kafe

    Suka tempat yang lebih ramai? Mungkin bisa memilih kafe. Tempat ini cocok bagi orang yang suka suasana ramai, dan bisa mendapatkan energi dari keramaian yang ada serta tidak mudah terganggu oleh keramaian tadi.

    kafe tempat menulis review buku

    Suasana ramai di kafe bisa juga membantu kita lebih termotivasi dan produktif. Fasilitas pendukung biasanya juga tersedia. Ditambah lagi kita juga bisa menulis sambil menikmati minuman serta makanan. Dijamin tidak akan kelaparan.

    #Taman

    Taman bisa juga jadi pilihan tempat menulis review buku yang menarik. Tempat ini cocok bagi orang yang suka bekerja di luar ruangan. Sambil menulis, kita bisa menikmati udara segar dan pemandangan, sehigga lebih rileks dan kreatif.

    Taman juga memenuhi kriteria tenang dan nyaman. Kita bisa terhindar dari kebisingan yang mengganggu. Eits, bisa sambil makan dan minum juga sih.

    Tapi fasilitas pendukung seperti sumber listrik, internet dan sumber informasi lain seperti buku bacaan tidak ada di sini. Jadi pertimbangkan jika ingin menulis di taman, apakah butuh fasilitas pendukung lain atau sudah cukup dengan fasilitas terbatas saja.

    #Sudut Nyaman di Rumah

    Harusnya tempat ini ditulis pertama ya. Tapi enggak masalah dong. Bagi orang yang malas keluar rumah, maka sudut nyaman di rumah bisa jadi pilihan tempat ideal menulis review buku. Kita bisa mengatur dan membuat salah satu tempat di rumah jadi tempat nyaman untuk beraktivitas menulis. Kita bebas menambahkan dekorasi untuk menciptakan suasana inspiratif.

    sudut rumah tempat menulis review buku

    Enaknya menulis di rumah, kita bebas berpakaian apapun dan kapan saja, tidak dibatasi waktu. Jika menulis di rumah, pastikan tempat tersebut memiliki pencahayaan yang baik, ventilasi yang memadai dan bisa terbebas dari gangguan. Kita juga bebas makan dan minum di rumah.

    Tapi jika punya anak kecil di rumah, maka tempat ini sebaiknya dipertimbangkan kembali. Entah kita harus mengatur tempatnya agar tidak didunakan oleh anak-anak. Atau kita hanya menggunakannya saat anak tidur di malam hari.

    #Co-working Space

    Judulnya sih co-working space. Jadi tempat ini memang ditujukan untuk bekerja. Tapi kita juga bisa kok memanfaatkan tempat ini untuk menulis review buku.

    Meski demikian, co-working space bisa juga jadi pilihan tepat bagi orang yang bekerja di lingkungan profesional bersama orang lain yang juga sedang bekerja. Fasilitas pendukung di tempat ini biasanya relatif lengkap, seperti akses ke Wi-Fi, stopkontak, ruang printer, dan fasilitas lainnya.

    Tips Memilih Tempat Ideal untuk Menulis Review Buku

    Beberapa tips untuk memilih tempat ideal menulis review buku berikut juga perlu kita tahu:

    #Kenali Preferensi Pribadi

    Sebelum menulis, kita perlu mengenali dan memahami lebih dulu preferensi pribadi dan gaya kerja. Apakah kita suka menulis di tempat ramai atau tenang? Apakah lebih suka bekerha di dalam ruangan atau di luar ruangan? Jangan sampai salah pilih tempat karena tidak paham dengan preferensi pribadi tadi.

    #Cek Kebutuhan dan Ketersediaan Fasilitas

    Selain preferensi pribadi, kita juga perlu tahu saat menulis, apa saja yang kita butuhkan. Misalnya akses internet, sumber listrik dan printer. Selain itu fasilitas untuk duduk dalam waktu lama juga perlu diperhatikan. Cek dulu kebutuhan dan sesuaikan dengan ketersediaan fasilitas yang ada.

    #Coba Tempat Baru

    Terbiasa menulis di rumah? Ada kalanya kita perlu juga mencoba tempat baru untuk menulis. Kita bisa mengunjungi berbagai tempat seperti kafe, taman, co-working space, dan lain-lain. Dengan cara ini nanti kita bisa tahu tempat yang paling nyaman untuk menulis review buku.

    #Sesuaikan Kebutuhan

    Jika sudah menemukan tempat yang dirasa paling ideal dan nyaman, maka kita tinggal menyesuaikan kebutuhan saja. Kalau perlu, bawa buku, catatan, pena dan laptop. Jika menggunakan laptop, pastikan baterai penuh atau jika perlu cari tempat yang tersedia sumber listrik. Jika menulis di tempat bising, bisa juga bawa headphone untuk meredam kebisingan.

    Penutup

    Selera dan situasi tiap orang bisa membuat tempat ideal menulis review buku mereka berbeda-beda. Tempat ideal menulis review buku adalah tempat yang paling membuat kita merasa nyaman, produktif menulis, bisa menjaga mood serta kalau perlu menginspirasi.

    Tidak ada tempat paling ideal untuk menulis. Karena yang perlu dilakukan adalah mencoba beberapa tempat berbeda dan nantinya menemukan tempat yang paling cocok untuk menulis review buku.

    Oke, sampai jumpa di tulisan selanjutnya tentang membaca efektif untuk menulis review buku

    21 komentar:

       
    1. Kalau saya memilih tempat yang memiliki fasilitas pendukung, Mbak. dan alau bisa, itu di salah satu sudut rumah saja. Karena saya justru tidak bisa menulis kalau di luar rumah, sekalipun tempatnya itu nyaman.

      BalasHapus
    2. Memang, kalau nulis atau review buku tuh paling enak di tempat tenang. Kalau semisal gak punya rumah dengan kamar proper, bisa dilakukan di perpustakaan atau taman.

      BalasHapus
    3. Kalau saya paling suka di salah satu sudut rumah. Iya, saya menyediakan satu meja kerja khusus untuk saya. Dan untuk menulis saya lebih nyaman saat suasana sepi.

      BalasHapus
    4. Apapun kegiatannya, termasuk dengan bikin review buku, saat ini keberadaan internet dan fasilitas penunjang lainnya memang sangat dibutuhkan. Gak heran kalau banyak yg mampir ke kafee atau co-working karena bisa santai sekaligus mengerjakan hal lain secara di sana biasanya tersedia fasilitas wifi alias internet gratis

      BalasHapus
    5. Pilih tempat yang tenang dan nyaman paling pas buat nulis review ya. Namun ada juga orang yang justru suka menulis di tengah keramaian.

      BalasHapus
    6. Senangnya kalau bisa menulis di mana saja. Yang penting sih idenya. Kalau menulis review ya harus ingat apa isi bukunya 🤭

      BalasHapus
    7. Beda-beda ya setiap orang dalam memilih tempat untuk mereview buku. Aku lebih suka di rumah dibanding perpustakaan. Selama jadi mahasiswa pun kalau mengerjakan tugas lebih nyaman di kosan atau di rumah, wkwkwk.

      BalasHapus
    8. Perpus memang tempat yang asik buat menulis review buku, karena jadi banyak inspirasi juga dengan melihat jejeran buku

      BalasHapus
    9. Dulu paling suka nulis review di taman atau co working space. Intinya tempat yang sepi atau minimal pemandangan oke

      BalasHapus
    10. Kalo aku sendiri tempat terbaik menulis dan mendapatkan ide, cafe ini masuk sich. Cuma nanti auto ngemil yang nggak kelar-kelar. Sama spot terbaik dikamar atau balkon rumah.

      BalasHapus
    11. Kebetulan udh enak bgt krj dr rumah. Makanan minuman tersedia. Ke kamar kecil ya tinggal geser. Ngantuk, ya tinggal tdr bntr. Tp ya kalo lagi kangen suasana kafe, ya sesekali boleh lah. Asal tetap produktif ya, terutama sambil bekerja atau mereview buku.

      BalasHapus
    12. Kalo di sekolah aku kadang nulis review di lab komputer or perpustakaan yang tenang, kalo di luar ya kafe or coworking space hihihi

      BalasHapus
    13. hahaha kafe is the best sih emang, kalo perpustakaan pengalaman 3x kesana buat nulis malah ketiduran aslik ga kuat aku kalo gak ada minuman wakakakka

      BalasHapus
    14. Aku seneng work from cafe siih.. Hihih, selain suasana baru, pikiran lebih fresh dan cafe biasanya estetik kan... jadi kalau mau menulis review buku dan butuh foto buku yang estetik, uda tinggal cari angle yang tepat dan cheers!!

      BalasHapus
    15. Menulis di kafe itu paling enak, karena ada di mana-mana, jam bukanya lebih panjang daripada perpustakaan, ada wifi, dan tentunya juga boleh makan dan minum. Hehe....

      BalasHapus
    16. Mereview buku bukan cuma butuh ketenangan tapi juga tempat yg nyaman ya, plus fasilitas yg dukung juga, jadi bisa fokus tapi tetep bikin santai.

      BalasHapus
    17. Aku pribadi agak tricky sih kalau cari tempat menulis di luar karena gampang terganggu dengan suara berisik dan juga asap rokok :( Padahal aku suka banget kerja/menulis di cafe

      BalasHapus
    18. kalau aku menulis itu harus menyendiri, contohnya ya di kamar
      kalau di tempat umum terlebih taman, pasti tidak jadi menulis.
      malah memperhatikan orang lalu lalang

      BalasHapus
    19. Kebayang asiknya kalau taman atau perpustakaan dijadikan sebagai tempat untuk menulis, semisal menulis review buku. Gagasan jadi bisa mengalri baik karena suasana di sekitar tempat menulis terasa mendukung sekali.

      BalasHapus
    20. Kalau saya pribadi, saya bisa menulis di mana saja, asal tempat itu tenang dan nyaman. Tenang, artinya sepi, nyaman setidaknya tempatnya bersih.

      BalasHapus
    21. Perpustakaan itu memang tempat yang asyik buat menulis, tapi kadang kafe juga bisa jadi pilihan seru kalau butuh suasana yang lebih hidup. Apapun tempatnya, yang penting kita merasa produktif dan bahagia saat menulis. Thanks banget untuk rekomendasinya, bakal coba deh beberapa tempat yang disebutkan! 🚀📚

      BalasHapus

    Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

    Note :

    Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

    Diberdayakan oleh Blogger.