Membaca Efektif untuk Menulis Review Buku

Daftar Isi [Tampil]
    Membaca buku ibarat menjelajah dunia tanpa perlu meninggalkan tempat kita, mengeluarkan uang untuk biaya ataupun berpanas-panasan di bawah terik matahari. Tiap halaman buku adalah cakrawala pengetahuan dan sumber imajinasi.

    Bagi sebagian orang, buku adalah sumber ilmu. Ada banyak informasi yang bisa didapat dari membaca buku. Ada banyak keterampilan yang bisa dilatihkan dari sebuah buku. Tapi, buku juga bisa jadi sumber hiburan. Cerita fiksi, kisah petualangan, romantisme pasangan hingga ketegangan yang mendebarkan bisa membuat kita terhibur.

    membaca efektif

    Berbeda lagi jika kita membaca buku sebagai awal untuk menulis ulasan, resensi atau review buku. Bukan hanya untuk mendapatkan informasi saja, bukan hanya untuk mendapatkan hiburan, tetapi juga menuangkan ide berupa tulisan.

    Apa Bedanya?

    Perbedaan utama dalam membaca buku untuk mencari informasi, sekadar hiburan saja atau merupakan persiapan awal sebelum membuat review buku, dapat disimak berikut:

    # Membaca Untuk Mencari Informasi

    Karena tujuan utamanya mencari informasi dan mendapatkan pengetahuan baru, maka biasanya pembaca akan fokus mencari data, ide, dan fakta yang ada pada buku. oleh karena itu, saat membaca bisa saja dengan membuat catatan kecil dan menandai bagian-bagian pentingnya.

    Hasil membaca yang didapat adalah informasi yang dicari, atau dapat menyelesaikan tugas, membuat keputusan atau hanya sekadar mendapatkan tambahan pengetahuan saja.

    # Membaca Untuk Mendapatkan Hiburan

    Tujuan utama membaca untuk hiburan adalah menikmati cerita dan bersantai. Jadi pembaca fokus pada karakter dan alur ceritanya saja. Jadi, kadang kita tidak perlu terlalu fokus pada detailnya. Dinikmati saja dengan lebih santai.

    Apa yang didapat setelah membaca dengan tujuan hiburan? Ya jelas kita akan merasa terhibur. Kadang, selain hiburan kita juga bisa mendapatkan sudut pandang berbeda atas suatu hal.

    # Membaca Untuk Menulis Review Buku

    Berbeda dengan membaca untuk menulis review buku yang biasanya harus lebih teliti, karena harus memahami isi buku termasuk kekuatan dan kelemahannya. Membaca dengan tujuan menulis review buku tidak hanya harus mencatat bagian-bagian pentingnya, tetapi juga perlu kritis atas kelebihan dan kekurangan yang ada.

    Karena tujuannya untuk menulis review buku, maka setelah membaca penulis harus menghasilkan tulisan berupa ulasan atau review buku. Review buku ini nantinya bisa membantu pembaca lain untuk memutuskan apa mereka ingin membaca buku tersebut atau tidak.

    Membaca Efektif untuk Menulis Review Buku

    Apa itu membaca efektif? Membaca afektif adalah membaca dengan memahami dan menyerap informasi dari tulisan secara optimal. Membaca efektif tidak hanya sekadar membaca saja, tetapi sekaligus memahami intinya, mengolah informasi dan menggunakannya untuk memperkaya pengetahuan.

    membaca efektif untuk menulis

    Berikut langkah membaca efektif untuk menulis review buku:

    # Sebelum Membaca

    Sebelum menulis review buku, kita perlu memilih buku yang menarik minat. Misal pun bukunya tidak bisa memilih, tapi pastikan kalau menguasai materinya. Kita juga perlu punya waktu yang cukup untuk dapat membaca secara menyeluruh. Cek alokasi waktu ideal menulis review buku

    Setelah dapat bukunya, kita perlu mencari informasi yang berhubungan dengan buku itu, seperti identitas buku, sinopsisnya, ataupun review dari penulis lainnya. Kita juga perlu punya tujuan yang jelas saat membaca, misal ingin fokus pada poin-poin penting resensi atau analisis gaya tulisan.

    Terakhir persiapkan juga alat tulis, seperti pulpen, kertas, catatan atau perangkat elektronika lainnya untuk mencatat poin-poin penting yang diperlukan.

    # Saat Membaca

    Setelah siap membaca, saatnya membaca buku secara keseluruhan dan saksama. Kita juga bisa mencatat poin-poin penting dari isi buku, tentang hal-hal menarik, ide utama, kutipan menarik hingga momen dalam cerita.

    Sesekali kita juga bisa berhenti sebentar dan mengajukan pertanyaan pada diri sendiri mengenai isi buku. Apakah kita sudah cukup memahami isi buku ini? Apa yang sebenarnya ingin disampaikan si penulis buku? Bagaimana ide ceritanya dan apa pendapat kita tentang isi buku ini.

    Kalau perlu, kita juga bisa memperhatikan gaya penulisan dari buku itu. Apakah bahasanya jelas, struktur kalimat dan majasnya jelas. Lalu apakah gaya penulisannya menarik dan mudah dipahami.

    Saat membaca, jangan lupa juga sambil buat catatan singkat. Baik mengenal hal-hal penting, hal-hal yang disukai dan tidak disukai dan hal-hal yang menarik. Catatan inilah yang nantinya bisa jadi modal untuk menulis review buku.

    # Setelah Membaca

    Selesai membaca buku, ini saatnya membuat ringkasan isi buku. Berdasarkan catatan yang sudah dibuat saat membaca tadi, kita juga bisa menganalisis isi buku. pertimbangkan kekuatan dan kelemahan buku, serta gaya penulisan.

    Setelahnya kita juga bisa memberikan pendapat atau opini mengenai buku tersebut. Kita bisa merekomendasikan buku itu pada orang lain. Terakhir, tinggal menulis review buku berdasarkan data-data yang sudah dikumpulkan tadi. Review buku yang dibuat perlu mencantumkan semua bagian penting, seperti identitas buku, ringkasan atau sinopsis, analisis, pendapat dan ditutup dengan kesimpulan.

    Penutup

    Membaca sebelum menulis review buku memang sedikit berbeda dengan membaca untuk tujuan lain. Bukan berarti membaca untuk menulis review buku menghilangkan kenikmatan membaca. Tetapi kita jadi punya tugas tambahan untuk menemukan juga hal-hal seperti kelebihan dan kekurangan buku.

    membaca efektif untuk menulis review buku

    Demikian beberapa tips dan langkah membaca efektif untuk menulis review buku. Tapi sekali lagi membaca untuk mereview buku kembali pada kenyamanan masing-masing orang. Sampai jumpa di tulisan selanjutnya tentang menulis review buku yang tidak dikuasai.

    6 komentar:

       
    1. Tips yang baik karena terkadang kurang waktu untuk membaca seluruh buku tapi dituntut menulis review dalam waktu singkat

      BalasHapus
    2. Terima kasih sharingnya kak. Sangat bermanfaat untuk saya yang sedang belajar menulis review buku.

      BalasHapus
    3. Oooooooh, begitu ya? Jadi ketika kita membaca buku secara efektif, maka kita bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan isi buku tersebut. Gaya penulisan, makna ceritanya, poin-poin terpenting harus dicatat dengan baik. Pembaca jadi tahu deh apakah buku layak dibeli dan dibaca atau tidak. TFS mbak :)

      BalasHapus
    4. Wah ... Pengen belajar review buku juga nih. Makasih ya, udah kasih tips nya

      BalasHapus
    5. Iya membaca buku untuk diulas tuh harus lebih menyeluruh ya bacanya, aku suka mencatat kutipan menarik yang nanti kutulis di ulasanku...

      BalasHapus
    6. Siiip, penting ini buatku, yang lumayan sering ngulas buku

      BalasHapus

    Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

    Note :

    Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

    Diberdayakan oleh Blogger.