Rahasia Penutup Review Buku yang Menarik

Daftar Isi [Tampil]
    Apa kamu pernah membaca suatu review buku yang keren dan informatif, sehingga tertarik untuk membeli bukunya? Daya tarik review buku yang menarik ini terletak pada seni merajut kata, bukan hanya bagian pembuka saja tetapi juga bagian penutup yang memikat pembaca.

    penutup review buku

    Umumnya, penulis review buku fokus membuat bagian awal yang menarik, tapi lupa kalau penutup review buku yang menarik juga sama pentingnya. Seperti hidangan penutup yang enak, bagian ini perlu juga dibuat untuk meninggalkan kesan mendalam dan mendorong pembaca membaca buku lebih lengkap lagi.

    Apa yang Perlu Ditulis pada Bagian Penutup Review Buku?

    Setelah menulis sesuai langkah dan tips di atas, maka ini saatnya membuat ‘ending’ atau penutup review buku. Untuk menyimpulkan review buku secara efektif, penting untuk meringkas bagian-bagian pentingnya. Akhiri review buku dengan komentar evaluasi final, dan rekomendasi yang meninggalkan kesan kuat untuk pembaca.

    Berikut ini beberapa hal yang dapat dituliskan pada penutup review buku yang dibuat.

    # Ringkasan dan Kesimpulan

    Bagian penutup review buku dapat diisi dengan poin-poin penting review seperti alur cerita, karakter, gaya penulisan dan pesan yang ingin disampaikan. Lalu dilanjutkan dengan kesimpulan mengenai review buku tadi. Kalimat ajakan untuk membeli buku atau membaca buku juga bisa dicantumkan selanjutnya.

    # Pertanyaan untuk Diskusi

    Selain kesimpulan, pada bagian akhir review buku dapat dituliskan juga beberapa pertanyaan untuk mendorong diskusi, contohnya: “Apa pendapatmu tentang akhir cerita novel ini?” atau “Karakter mana yang paling kamu sukai?”

    # Komentar Evaluasi Final

    Pada bagian selanjutnya, kita bisa memasukkan juga evaluasi final dan dampak buku itu pada pribadi penulis review. Ceritakan bagaimana buku itu berpengaruh pada diri kita. Ini adalah cara agar review buku lebih personal dan lebih jujur.

    # Rekomendasi

    Terakhir, kita bisa memasukkan juga bagian rekomendasi. 

    rekomendasi review buku

    Rekomendasikan buku lain dari penulis berbeda yang mirip dengan buku yang direview. Atau rekomendasikan buku lain dari penulis yang sama.

    Tips Membuat Penutup Review Buku Menarik dan Tidak Membosankan

    1. Buat dengan Kalimat Menarik

    Kalau bagian awal review buku dibuat dengan kalimat yang menarik, maka akhiri juga dengan kalimat yang kuat dan menarik. Contohnya: “Dari semua ulasan tadi, bagian yang paling keren menurutku adalah ... “

    2. Kutipan Favorit

    Kutipan favorit juga bisa jadi daya tarik tersendiri jika ditulis di bagian penutup review buku. Hal ini bisa menjadi penarik minat pembaca lain agar membaca buku yang direview tadi.

    3. Sesuaikan Gaya Penulisan dan Harus Konsisten

    Pada penutup review buku, kita harus menyesuaikan gaya penulisan dengan keseluruhan review. Jika sejak awal gaya penulisannya serius, maka tutup juga dengan serius. Jika sejak awal gayanya santai atau humoris, gunakan hal demikian juga.

    4. Jangan Gunakan Kalimat Klise

    Hindari menggunakan kalimat klise dalam menulis penutup review buku. Contohnya: “Buku ini sebaiknya dibaca” atau “Saya tidak merekomendasikan buku ini untuk dibaca”, dan lain-lain.

    5. Perhatikan Jumlah Kalimatnya

    Karena judulnya adalah ‘penutup’, maka hindari kalimat bertele-tele dan terlalu panjang. Jangan mengulang informasi yang sama, yang sudah dibahas di atas, kecuali dalam bentuk ringkasnya saja. Pastikan penutup singkat dan to the point saja.

    6. Cek Ulang Penulisannya

    Sebelum memublikasikan review buku, pastikan untuk mengecek ulang semua bagiannya. Termasuk bagian penutup review buku. Cek ulang tata bahasa dan ejaannya. Kerapihan review buku, bebas dari typo, membuat review buku menjadi lebih profesional dan menarik bagi pembaca.

    Penutup

    Menulis bagian penutup review buku agar menarik dan tidak membosankan tidak bisa lagi dianggap angin lalu. Ini harus dibuat dengan serius. Penutup review buku yang menarik adalah cara bagus untuk membuat pembaca terkesan, mendapatkan pengalaman membaca tak terlupakan, dan akhirnya mendorong mereka melakukan tindakan, seperti membeli buku, membaca buku atau membaca review buku lain yang ditulis.

    Berikut beberapa contoh cara mengakhiri review buku, tergantung gaya dan tujuan penulisannya.

    · "Secara keseluruhan, ini adalah buku yang luar biasa yang akan saya rekomendasikan kepada semua orang yang menyukai [genre buku]."

    · "Buku ini membuat saya melihat dari sudut pandang berbeda, dan saya pasti akan memikirkannya selama berhari-hari yang akan datang."

    · "Saya tidak sabar untuk membaca buku berikutnya dari penulis ini!"

    · "Jika Anda mencari buku yang [deskripsi singkat tentang buku], ini adalah buku yang tepat untuk Anda."

    · "Buku ini adalah [deskripsi singkat tentang buku], dan saya sangat menikmatinya."

    Cara terbaik menulis penutup review buku adalah menulis dari hati. Dengan cara, gaya dan tujuan penulisan masing-masing penulis review buku. Informasi yang jelas, ringkas dan informatif menjadi nilai tambahnya agar pembaca lebih mudah memahami isi review secara keseluruhan.

    Jadi, sudah siap menulis review buku yang tidak hanya menarik bagian depannya saja, tetapi juga bagian akhirnya? Sudah siap menjadi rujukan orang saat orang ingin mencari review buku terpercaya sebelum mereka membeli buku? Yuk ah, cek juga artikel saya berikutnya tentang Jenis Resensi Buku dan Penjelasannya. Yang pasti, selamat menjelajah dunia buku dan selamat membaca.

    23 komentar:

       
    1. Bener banget ya, menutup review yang baik ya ketika itu sesuai dengan hati kita, sebagai pembaca. Btw, aku salfok sama cover buku Create Again, cakep banget 😍😍

      BalasHapus
    2. Penutup sebuah review pun penting ya. Jadi pembaca tidak bosan dan merasa terkesan dengan review buku yang dibaca.

      BalasHapus
    3. Sering ada satu buku direview oleh beberapa orang. Tapi yang membedakan memang dari gaya mereview. Dan kalau misalnya ada blog khusus mereview buku, maka pasti gaya konsisten, termasuk gaya penutup review yang memikat pembaca untuk ikut membeli dan membaca buku yang direview.

      BalasHapus
    4. Menulis review buku adalah sebuah seni tersendiri. Kita tidak hanya perlu menyampaikan informasi tentang buku tersebut, tetapi juga menarik minat pembaca untuk membacanya. Salah satu bagian penting dari review buku adalah penutupnya. Penutup yang baik akan meninggalkan kesan yang mendalam bagi pembaca dan membuat mereka ingin tahu lebih banyak tentang buku tersebut.

      BalasHapus
    5. Kukira kalau ending bikin review buku itu yg penting ga ada spoilernya. Ternyata bisa juga dengan kasih rekomendasi buku lain dari penulis tersebut ya. Ilmu baru nih. Lagi suka bikin review soalnya. Thanks kak

      BalasHapus
    6. Seringkali kalau uda lupa diri dalam menuliskan review tuh, asa semua muaaa pingin ditampilin.
      Bahkan aku gak jarang saking sukanya, aku capture trus aku tunjukin bagian ini yang menarik dari buku yang aku baca.
      Kayanya TMI bangeettt yaah..

      BalasHapus
    7. Membuat review buku tidak boleh sembarangan ya, kalopun kita seenak jidat bikin review buku ini, takutnya membuat dampak negatif untuk penulis bukunya sendiri.

      BalasHapus
    8. Aha jadi tahu nih sekarang bagaimana cara membuat penutup review yang menarik dan ga monoton itu-itu saja, terima kasih lo sharingnya, mau coba untuk review buku berikutnya

      BalasHapus
    9. Kalau terlalu bertele-tele memang bikin gak nyaman bacanya. Sehingga mengulas buku ini memang kudu banyak detail yang harus diperhatikan ya

      BalasHapus
    10. Aku banget nih. Kadang beli buku karena habis baca review yang menarik. Mulai dari awal review sampai akhir, disampaikan dengan menarik.

      BalasHapus
    11. Wah boleh nih kalau saya nerbitin buku lagi minta review dari kakak, pasti bagus reviewnya ini 😁

      BalasHapus
    12. Nah ini nih kadang bikin penutup suka bingung banget biar dapet kesan yang oke. Ternyata ada tekniknya juga ya kak

      BalasHapus
    13. Penutup review buku yg menarik memang kelihatannya simple, tapi bisa jadi penting kalo kalimatnya menarik ya.

      BalasHapus
    14. Membuat kalimat menarik di ending sih emg challenging bgt. Kdg org selalu membaca tulisan kita di akhir doank sebagai kesimpulan. Dan itu emg pntg bgt sih utk ngasih kesimpulan yg sgt bgs di ending tulisan.

      BalasHapus
    15. Penutup dari resensi buku buat saya menjadi penentu apakah akan lanjut mencari tau buku tersebut lebih lanjut atau tidak, karena biasanya disana ada kesimpulan worth it atau tidaknya buku tersebut.

      BalasHapus
    16. Jadi modal buat saya yang sedang belajar menulis buku, kadang memang membuat kata penutup itu susah-susah gampang gitu ya, suka bingung mau bagaimana konsep penutupnya, baca ini jadi terinspirasi

      BalasHapus
    17. sering lupa sih soal penutup review buku ini. seringnya malah membahas dari awal tapi singkat. jadi emang sebaiknya CTA sih ya, seperti ajakan membaca atau ajakan membeli buku yang asli

      BalasHapus
    18. Aku suka banget kalau ada yang menyematkan kutipan favorit di tulisan review buku. Baik itu di pembuka, isi, maupun penutup tulisan. Terkadang kutipan tersebut bisa jadi motivasi yang nantinya juga akan menarik minat membaca buku tersebut.

      BalasHapus
    19. Wah makasih kak sampai dikasih contoh kalimat penutupnya. Aku lagi suka review buku nih, tapi suka bingung kalimat penutupnya gimana, jadi suka tiba-tiba random gitu, wkwkwk. Aku save dulu nih biar bisa kroscek kalau lagi review.

      BalasHapus
    20. Menulis penutup review buku biasanya jadi tolok ukur pembaca untuk mengetahui kesan penulis terhadap buku yg di review-nya dan itu jadi minat pembaca untuk ingin tahu isi buku secara keseluruhan

      BalasHapus
    21. Penutup review buku adalah bagian dari call to action, dimana penulis merekomendasikan buku tersebut agar pembaca tertarik untuk membeli buku yang direview. Karenanya memang harus disampaikan dengan semenarik mungkin.

      BalasHapus
    22. Salah satu yang menarik bagi saya saat membaca review sebuah buku yaitu kutipan favorit yang ditulis di bagian penutup review bukunya. Bagian yang menarik menurut saya.

      BalasHapus
    23. ah nice kak, aku juga suka banget ngoleksi kutipan buku dari buku2 yang pernah kubaca hihi.. emang itu jadinya lebih unik dan lebih nancep di otak hhehee

      BalasHapus

    Terima kasih telah berkunjung dan meninggalkan jejak di Blognya Bening Pertiwi. Mudah-mudahan postingan saya bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu :)

    Note :

    Maaf komen yang brokenlink akan saya hapus jadi pastikan komentar kamu tidak meninggalkan brokenlink ya.

    Diberdayakan oleh Blogger.